Pada dasarnya pengertian silabus yaitu produk utama dari pengembangan sebuah kurikulum yang mana sebagai rencana tertulis dalam satuan pendidikan yang wajib memiliki keterkaitan dengan suatu produk pengembangan kurikulum lainnya dalam sebuah proses pembelajaran.
Kaprikornus silabus sanggup dikatakan sebagai kurikulum yang ideal sementara proses pembelajaran yaitu kurikulum yang aktual. Selain itu silabus juga merupakan produk atau hasil pengembangan desain pembelajaran layaknya pola dasar kegiatan berguru mengajar dan juga garis besar aktivitas pembelajaran. Di samping itu dalam silabus juga memuat adanya komponen minimal atas kurikulum satuan pendidikan.
Sementara untuk mengadakan kajian terhadap kurikulum yang hendak diterapkan dalam satuan pendidikan, maka sanggup dilakukan dengan melalui penelaahan silabus yang sudah dikembangkan dan juga diberlakukan. Sehingga dari pengkajian silabus tersebutlah sanggup menunjukkan banyak isu dan itu sanggup dilihat apakah kurikulum telah diterapkan dengan benar. Melalui silabus juga sanggup ditelaah standar kompetensi maupun kompetensi yang hendak dicapai, proses yang dikehendaki, pengembangan bahan serta cara mengukur keberhasilan dalam belajar.
Dengan melihat pengertian silabus tersebut, maka dari situ juga akan terlihat apakah keterkaitan antar komponen sanggup berjalan serasi apa tidak. Sebab kita tahu bahwa betapa pentingnya kedudukan silabus di dalam telaah kurikulum pendidikan. Di samping itu silabus juga merupakan tahapan di dalam membuatkan kurikulum satuan pendidikan, terutama untuk sanggup menjawab apa yang perlu dipelajari serta menjadi klasifikasi lebih lanjut mengenai pokok aktivitas di dalam mata pelajaran yang diterapkan pada taktik dan kegiatan pembelajaran, pengalokasian waktu dan juga taktik penilaian. Sebenarnya silabus sendiri yaitu aktivitas yang sifatnya makro serta perlu dijabarkan dalam suatu aktivitas pembelajaran yang lebih spesifik menyerupai rencana pelaksanaan pembelajaran.
Silabus yaitu sebuah aktivitas yang dilaksanakan dalam jangka waktu yang usang dan menjadi pola di dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran yang merupakan untuk waktu yang lebih singkat. Selain itu silabus juga merupakan rencana pembelajaran dalam kelompok mata pelajaran yang di dalamnya meliputi bahan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator, alokasi waktu, evaluasi dan sumber atau alat belajar. Kaprikornus demikianlah klarifikasi mengenai pengertian silabus.
Kaprikornus silabus sanggup dikatakan sebagai kurikulum yang ideal sementara proses pembelajaran yaitu kurikulum yang aktual. Selain itu silabus juga merupakan produk atau hasil pengembangan desain pembelajaran layaknya pola dasar kegiatan berguru mengajar dan juga garis besar aktivitas pembelajaran. Di samping itu dalam silabus juga memuat adanya komponen minimal atas kurikulum satuan pendidikan.
Sementara untuk mengadakan kajian terhadap kurikulum yang hendak diterapkan dalam satuan pendidikan, maka sanggup dilakukan dengan melalui penelaahan silabus yang sudah dikembangkan dan juga diberlakukan. Sehingga dari pengkajian silabus tersebutlah sanggup menunjukkan banyak isu dan itu sanggup dilihat apakah kurikulum telah diterapkan dengan benar. Melalui silabus juga sanggup ditelaah standar kompetensi maupun kompetensi yang hendak dicapai, proses yang dikehendaki, pengembangan bahan serta cara mengukur keberhasilan dalam belajar.
Dengan melihat pengertian silabus tersebut, maka dari situ juga akan terlihat apakah keterkaitan antar komponen sanggup berjalan serasi apa tidak. Sebab kita tahu bahwa betapa pentingnya kedudukan silabus di dalam telaah kurikulum pendidikan. Di samping itu silabus juga merupakan tahapan di dalam membuatkan kurikulum satuan pendidikan, terutama untuk sanggup menjawab apa yang perlu dipelajari serta menjadi klasifikasi lebih lanjut mengenai pokok aktivitas di dalam mata pelajaran yang diterapkan pada taktik dan kegiatan pembelajaran, pengalokasian waktu dan juga taktik penilaian. Sebenarnya silabus sendiri yaitu aktivitas yang sifatnya makro serta perlu dijabarkan dalam suatu aktivitas pembelajaran yang lebih spesifik menyerupai rencana pelaksanaan pembelajaran.
Silabus yaitu sebuah aktivitas yang dilaksanakan dalam jangka waktu yang usang dan menjadi pola di dalam pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran yang merupakan untuk waktu yang lebih singkat. Selain itu silabus juga merupakan rencana pembelajaran dalam kelompok mata pelajaran yang di dalamnya meliputi bahan pembelajaran, kompetensi dasar, indikator, alokasi waktu, evaluasi dan sumber atau alat belajar. Kaprikornus demikianlah klarifikasi mengenai pengertian silabus.