-->

Alat Penilaian Pembelajaran Yang Baik

Evaluasi pembelajaran merupakan sebuah hal yang teramat penting untuk dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas aktivitas pembelajaran. Untuk itu diharapkan banyak perangkat pendukungnya semoga sanggup berjalan secara efektif. Salah satu di antaranya yaitu adanya alat penilaian pembelajaran yang baik dan efektif.

Ada beberapa alat yang baik dipakai dalam penilaian pembelajaran. Di antaranya yaitu sebagai berikut.
1. Alat penilaian non tes
Terdapat beberapa alat penilaian yang tidak berupa tes antara lain.

  • Angket. Angket merupakan sebuah alat yang dipakai untuk mengumpulkan data berupa pertanyaan. Di sini seorang tenaga pendidik sanggup mengumpulkan data berupa jawaban-jawaban terkait dengan penilaian pembelajaran dari pertanyaan yang diberikan kepada penerima didiknya.
  • Wawancara. Seorang tenaga pendidik sanggup melaksanakan wawancara atau interview secara pribadi kepada para penerima didiknya untuk mengetahui apakah aktivitas pembelajaran yang telah berlangsung sanggup mereka pahami dengan baik atau tidak.
  • Observasi. Seorang tenaga pendidik penting untuk melaksanakan observasi atau pengamatan pribadi ihwal kemajuan yang dialami oleh penerima didik selama dalam aktivitas pembelajaran. Hal ini sangat baik untuk dipakai dalam penilaian pembelajaran.
  • Inventory. Alat penilaian ini seolah-olah dengan angket, namun bedanya pada inventory seorang penerima didik diarahkan pada pertanyaan yang memungkinkan mereka untuk menunjukkan perubahan sikap, keberanian mengungkapkan gagasan yang dimiliki sehabis aktivitas pembelajaran berlangsung.

2. Alat penilaian test
Ada beberapa alat penilaian tes yang sanggup dipakai oleh seorang tenaga pendidik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Tes tulis. Tes tulis seringkali dipakai oleh tenaga pendidik dalam melaksanakan penilaian terhadap pemahaman yang didapatkan oleh penerima didik dikala pembelajaran telah simpulan dilaksanakan. Banyak yang menganggap bahwa tes ini cukup efektif, namun nyatanya banyak hal yang menjadi kekurangan dari alat penilaian ini. Yakni kalau pengawasan tes kurang maka besar kemungkinan penerima didik saling menyontek sehingga tujuan penilaian pembelajaran tidak sanggup tercapai.
  • Tes lisan. Tes verbal dalam aktivitas penilaian pembelajaran sangatlah efektif. Karena para tenaga pendidik akan sanggup mengetahui perkembangan setiap penerima didiknya dengan tingkat kecurangan yang lebih rendah dari tes tulis.

Itu tadi beberapa alat evaluasi pembelajaran yang sanggup saya berikan. semoga memberi banyak manfaat bagi anda sekalian.
LihatTutupKomentar