Penjelasan Perangkat Keras Komputer (Hardware) - Perangkat keras (hardware) ialah suatu komponen yang bersifat fisik. Komponen ini ialah suatu komponen yang sanggup dilihat dan disentuh. Beberapa macam perangkat keras komputer di antaranya yaitu CPU, monitor, mouse, keyboard, printer, speaker, dan scanner. Perangkat-perangkat tersebut mempunyai fungsi tertentu, contohnya sebagai alat input, alat proses, media penyimpanan data, atau alat output.
Alat input berfungsi untuk memasukkan data berupa huruf, angka, simbol, suara, atau gambar ke dalam komputer. Selain itu, alat input juga sanggup berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode perintah ke dalam bahasa mesin, dan mengirimkan data tersebut ke storage. Perangkat keras yang termasuk alat input yaitu keyboard, mouse, gamepad, joystick, scanner, touchpad, trackball, web camera, dan mikrofon. diberikut penjelasannya satu persatu.
a. Keyboard
Keyboard ialah perangkat untuk mengetik atau memasukkan data berupa huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Oleh sebab itu, keyboard disebut juga sebagai papan ketik.
Keyboard terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau cara pintas yang sudah diatur sebelumnya.
Ada banyak sekali jenis tata letak tombol pada keyboard. Akan tetapi, yang paling terkenal dan umum digunakan yaitu tata letak QWERTY yang menggandakan sistem tata letak aksara pada mesin ketik. Keyboard tipe gres mempunyai tombol tambahan di potongan atas sebagai tombol fungsi (F1, F2, F3, dan seterusnya) untuk mempergampang pengguna dalam mengoperasikan komputer.
b. Mouse
Mouse yaitu salah satu masukan (input device) yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Mouse sanggup digunakan sebagai perintah simpel dan cepat dibandingkan dengan keyboard. Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang sanggup ditekan.
Mouse pertama kali dibentuk pada 1963 oleh Douglas Engelbart yang berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan tiga buah tombol. Pada 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang sanggup mengetahui posisi X-Y pada layar komputer. Mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator.
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan memakai bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak memakai bola lagi, tetapi memakai sinar optik untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah memakai teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.
Pada mouse mekanik, bola akan berputar pada ketika mouse digerakkan. Penggulung mouse akan mencengkeram bola dan memindahkan gerakan. Cakram akan menerjemahkan gerakan menjadi kode optikal lewat lubang cahaya. LED inframerah akan memancarkan lewat cakram. Sesudah itu, sensor akan mengumpulkan pantulan cahaya untuk mengubah posisi X dan Y kursor pada monitor.
Hak Paten Bola Mouse Pertama(a) Roda trek berlawanan oleh Englebart, dengan nomor paten3541541 (Inggris) November 1970.(b) Bola dan roda oleh Rider, dengan nomor paten 3835464 (Inggris)September 1974.(c) Bola dan dua penggelinding oleh Opocentsky, dengan nomorpaten 3987685 (Inggris) Oktober 1976.
c. Gamepad
Gamepad, dikenal juga dengan joypad atau controlpad, ialah tipe pengontrol permainan video yang mengutamakan penerapan jari, khususnya ibu jari, untuk menjalankannya. Gamepad umumnya mempunyai tombol agresi di sebelah kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri. Awalnya pengontrol arah terbatas pada empat arah (D-pad), namun gamepad modern umumnya mempunyai tuas analog sebagai pendukung atau penggantinya.
Gamepad sanggup digunakan sebagai alat input pada komputer, asalkan mempunyai connector yang sesuai dengan port pada CPU. Namun, kini sudah banyak dijual gamepad yang sanggup digunakan pada komputer.
d. Joystick
Joystick yaitu alat input pada komputer berupa tuas yang sanggup bergerak ke segala arah. Alat ini sanggup mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai peleng-kap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
e. Scanner
Scanner yaitu perangkat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, menyerupai dokumen dan foto. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital. Oleh sebab itu, scanner ialah alat input data berupa gambar atau dokumen.
Jika dikelompokkan menurut cara memasukkan kertas, scanner terdiri dari dua jenis, yaitu sebagai diberikut.
1) Flatbed
Pada scanner flatbed, kertas diletakkan di atas beling pemindai, kemudian lampu dan sensor scanner akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh gambarnya.
2) Automatic Document Feeder (ADF)
Pada scanner Automatic Document Feeder (ADF), kertas diletakkan pada baki/tray, kemudian satu per satu kertas akan dimasukkan oleh potongan mekanik scanner yang berada di assy dan roller. Pada ketika kertas bergerak di atas lampu scanner, sensor scanner bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan kertas tersebut.
Keunggulan scanner Automatic Document Feeder (ADF) adalah:
a) Kecepatannya tinggi, sanggup mencapai lebih dari 10.000 lembar per jam.
b) Dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada ketika yang bersamaan.
c) Scanner sanggup mempersembahkan tanda pada lembaran yang sudah dipindai.
f. Touchpad
Touchpad yaitu pad kecil yang dibentuk dari materi yang sensitif terhadap sentuhan atau tekanan. Fungsi touchpad sama dengan tetikus (mouse) sebab mempunyai potongan sensor penunjuk (cursor) dan tombol untuk mengklik. Biasanya touchpad digunakan pada laptop (notebook).
g. Trackball
Trackball yaitu alat penunjuk berupa bola kecil yang berada di dalam sebuah alat yang mempunyai sensor gerakan. Trackball umumnya terdapat pada tetikus modern. Trackball mensimulasikan pergerakan vertikal tetikus sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk sanggup menaikkan atau menurunkan layar.
h. Web Camera
Web camera (webcam) yaitu sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui port USB atau port COM. Sebuah web camera sederhana terdiri dari sebuah lensa standar untuk menangkap sinyal gambar, casing depan dan casing samping untuk menutupi lensa standar, lubang lensa di casing depan yang berkhasiat untuk memasukkan gambar, kabel support yang salah satu ujungnya dihubungkan ke komputer dan ujung satu lagi mempunyai connector.
Sebuah web camera biasanya dilengkapi dengan software yang sanggup mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus menerus ataupun dalam interval waktu tertentu dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Selain gambar, web camera juga sanggup mengambil video dari kamera digital sehingga sanggup disimpan dalam komputer. Oleh sebab itu, web camera ialah alat input data berupa gambar dan video.
Ada banyak sekali macam merek web camera, di antaranya yaitu Logitech, Sunflower, dan sebagainya. Webcam biasanya mempunyai resolusi sebesar 352 × 288 atau 640 × 480 piksel. Namun, ada juga yang resolusinya hingga 1 megapiksel. Sekarang, hampir tiruana kamera digital dan HP sanggup dijadikan sebagai web camera.
i. Mikrofon
Mikrofon ialah alat input yang berfungsi untuk mengubah gelombang bunyi menjadi isyarat listrik. Data yang sanggup dimasukkan ke dalam komputer melalui mikrofon berupa gelombang bunyi atau bunyi. Mikrofon sering digunakan untuk proses perekaman bunyi ke komputer.
Central processing unit (CPU) ialah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses. CPU mengatur seluruh proses, dimulai dari proses perhitungan, pengolahan data, pengolahan gambar, bahkan pengolahan suara. Data-data yang diolah dalam CPU ialah data yang dimasukkan melalui alat input atau yang tersimpan dalam media penyimpanan.
Oleh sebab itu, CPU dikatakan sebagai suatu komponen perangkat keras terpenting pada komputer. Selain itu, CPU juga berfungsi untuk mengatur kerja dari perangkat keras-perangkat keras lainnya, menyerupai printer, mouse, speaker, monitor, keyboard, dan sebagainya.
CPU terdiri dari banyak sekali komponen perangkat keras yang berfungsi sebagai alat proses, di antaranya yaitu motherboard, processor, memory, VGA, modem, dan sound card. Pada potongan belakang kotak CPU terdapat port untuk alat input dan alat output. Berikut ini yaitu klarifikasi dari alat-alat tersebut.
a. Motherboard (Mainboard)
Motherboard (mainboard) yaitu papan sirkuit kawasan banyak sekali komponen komputer saling terhubung. Pada motherboard terdapat beberapa slot untuk meletakkan perangkat lainnya, menyerupai slot memory, slot VGA card, slot soundcard, slot modem, dan sebagainya.
b. Processor
Processor ialah potongan utama dari CPU. Processor mempunyai fungsi yang sama menyerupai halnya otak pada manusia, yaitu mengendalikan tiruana kinerja dari potongan CPU lainnya, menyerupai mengatur penjadwalan proses, mengatur komunikasi antarbagian pada CPU, dan mengatur proses perhitungan.
c. Memory
Memory ialah potongan dari CPU yang berfungsi untuk menyimpan instruksi-instruksi dan data-data yang diharapkan untuk menjalankan operasinya. Semakin besar kapasitas memory CPU, semakin cepat proses pengolahan datanya.
Memory dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
1) ROM (Read Only Memory)
Read only memory ialah memory yang spesialuntuk sanggup dibaca oleh CPU. melaluiataubersamaini kata lain, informasi yang terkandung didalamnya bersifat statis atau tidak sanggup berubah-ubah. ROM bersifat nonvolatile, artinya data atau informasi yang tersimpan di dalamnya tidak akan hilang jikalau tenaga listriknya dipadamkan.
2) RAM (Random Acces Memory)
Random access memory ialah memory yang sering bekerjasama dengan processor. RAM ialah kawasan penyimpanan segala data dan informasi yang diharapkan oleh processor dalam suatu operasi. RAM bersifat volatile, artinya data atau informasi yang tersimpan di dalamnya akan hilang jikalau tenaga listrik dipadamkan. Hal ini terjadi sebab data dan informasi yang tersimpan di dalamnya spesialuntuk bersifat sementara.
d. VGA
VGA (Video Graphics Adapter) yaitu standar tampilan komputer yang berkhasiat untuk menerjemahkan keluaran komputer ke monitor. Dalam penerapannya, VGA ada yang sudah tergabung di dalam motherboard, dan ada juga yang berupa kartu VGA yang diletakkan pada port VGA dalam motherboard. Hal ini bergantung pada spesifikasi motherboard, apakah VGA nya onboard atau tidak. Untuk proses desain grafis atau bermain video game di komputer diharapkan kartu VGA yang berdaya tinggi biar komputer sanggup dioperasikan. VGA dipasarkan pertama kali oleh IBM pada 1987. Produsen kartu VGA yang terkenal, antara lain: ATI dan Nvidia.
e. Modem
Modem berasal dari kependekan Modulator Demodulator. Modulator ialah potongan yang mengubah sinyal informasi menjadi sinyal pembawa dan siap untuk dikirimkan. Sedangkan, demodulator yaitu potongan yang memisahkan sinyal informasi (yang meliputi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut sanggup diterima dengan baik.
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital didiberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. Sinyal analog tersebut sanggup dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi, menyerupai telepon dan radio. Setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.
Berdasarkan letak dan posisinya pada komputer, modem dibedakan menjadi dua jenis, yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal letak dan posisinya di dalam CPU, yaitu pada slot modem yang terdapat dalam motherboard. Sedangkan, modem eksternal letak dan posisinya di luar CPU dan dihubungkan dengan kabel penghubung ke CPU.
f. Sound Card
Sound card (kartu suara) yaitu perangkat keras komputer yang digunakan untuk memproses data digital berbentuk suara. Pada awalnya, sound card spesialuntuklah sebagai tambahan dari komputer. Namun sekarang, sound card ialah perangkat wajib di setiap komputer.
Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibedakan menjadi tiga, yaitu:
1) Sound card onboard, yaitu sound card yang melekat pribadi pada motherboard komputer.
2) Sound card offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/ PCI pada motherboard.
3) Soundcard external, yaitu sound card yang penerapannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, menyerupai USB atau firewire.
Data digital yang berupa bunyi akan dikirim ke sound card. Data digital ini diproses oleh DSP (pengolah sinyal digital) bekerja dengan DAC (konversi digital ke analog). Sesudah sinyal digital diubah menjadi sinyal analog, kemudian sinyal analog ini diperkuat dan dikeluarkan melalui speaker.
g. Port untuk Alat Input dan Alat Output
Pada potongan belakang dari kotak CPU terdapat port untuk alat input dan alat output. Port ini digunakan untuk mengatur keluar masuknya data atau informasi pada CPU. Jenis port ini di antaranya yaitu port USB, port printer, port VGA, port mouse, port keyboard, dan port untuk alat input atau alat output lainnya.
Untuk memilih port mana yang ialah port mouse atau keyboard, engkau tinggal mencocokan saja antara konektor yang terdapat pada ujung kabel mouse atau keyboard dengan port yang ada. Pada umumnya, terdapat kecocokan antara warna konektor dengan warna port.
Media penyimpanan data pada komputer terdiri dari harddisk, CD/DVD drive, dan floopy drive. Berikut ini yaitu klarifikasi dari masing-masing perangkat tersebut.
a. Harddisk
Harddisk ialah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan tiruana data maupun informasi. Tidak spesialuntuk untuk menyimpan data dan informasi, perangkat ini juga digunakan untuk menyimpan file dan folder yang sudah engkau buat, software pendukung, dan lain sebagainya.
Data yang disimpan dalam harddisk tidak akan hilang ketika tidak didiberi tegangan listrik. Dalam sebuah harddisk, biasanya terdapat lebih dari satu pienteng untuk memperbesar kapasitas data yang sanggup ditampung. Dalam perkembangannya, harddisk secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil, namun mempunyai daya tampung data yang semakin besar. Kini, harddisk tidak spesialuntuk sanggup terpasang di dalam CPU (internal) tetapi juga sanggup dipasang di luar CPU (eksternal) dengan memakai kabel USB.
Harddisk diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson pada 1956. Harddisk pertama tersebut terdiri dari 50 pienteng berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Harddisk pada zaman kini sudah sangat modern, sampai-sampai ada harddisk yang lebarnya spesialuntuk 0,6 cm, tetapi mempunyai kapasitas 750 GB (giga byte).
b. CD/DVD Drive
CD/DVD drive ialah komponen CPU yang berfungsi pada proses pembacaan dan penyimpanan data. CD drive sanggup membaca dan menyimpan data dari komputer pada CD-R dan CD-RW, sedangkan DVD drive sanggup membaca dan menyimpan data pada CD-R, CD-RW, DVD-R, dan DVD-RW.
CD-R atau CD-RW yaitu sebuah pienteng dari jenis pienteng optik (optical disc) yang sanggup menyimpan data. Ukuran data yang sanggup disimpan pada CD-R atau CD-RW sanggup mencapai 700 MB atau 700 juta byte. CD-R bersifat read only (spesialuntuk sanggup dibaca, dan tidak sanggup ditulisi), sedangkan CD-RW bersifat rewrite (dapat ditulisi berulang-ulang). DVD-R atau DVD-RW pada prinsipnya sama dengan CD-R atau CDRW tetapi DVD-R atau DVD-RW sanggup menyimpan data lebih banyak, yaitu sanggup mencapai 4 GB (giga byte).
c. Floppy Drive
Floppy drive yaitu perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan atau membaca data dari disket (floppy disk). Disket atau floppy disk yaitu perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bundar yang tipis dan elastis dan dilapisi dengan lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang. Kapasitas disket yang paling umum yaitu 1,44 MB (seperti yang tertera pada disket), tetapi kapasitas bekerjsama yaitu sekitar 1,38 MB.
Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat keluaran (output) di antaranya yaitu monitor, speaker, dan printer. diberikut penjelasannya.
a. Monitor
Monitor berfungsi untuk menampilkan visualisasi hasil dari tiruana operasi
yang terjadi di dalam CPU. Hasil keluaran atau output yang ditampilkan
oleh monitor sanggup berupa tulisan, gambar diam, maupun gambar bergerak
atau animasi. Untuk ketika ini, monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di
antaranya yaitu monitor CRT, monitor LCD, dan monitor plasma.
1) Monitor CRT
Monitor CRT (cathode ray tube) atau monitor tabung sinar katoda ialah jenis monitor yang pertama kali digunakan untuk teknologi komputer. Tabung sinar katoda ditemukan oleh Karl Ferdinand Braun, ialah sebuah tabung penampilan yang banyak digunakan dalam layar komputer, monitor video, televisi, dan oskiloskop. Tabung sinar katoda dikembangkan dari hasil kerja Philo Farnsworth yang digunakan dalam seluruh pesawat televisi hingga final era 20, dan ialah dasar perkembangan dari layar plasma, LCD, dan bentuk teknologi TV lainnya. Bentuk monitor CRT cukup besar sehingga memerlukan kawasan yang agak luas untuk meletakkannya. Monitor CRT mempunyai layar cembung sehingga kurang baik untuk keperluan desain.
Versi paling awal CRT yaitu sebuah dioda katoda dingin, sebuah modifikasi dari tabung Crookes dengan layar dilapisi fosfor, atau disebut juga tabung Braun. Versi pertama yang memakai katoda gerah dikembangkan oleh J.B. Johnson (yang ialah asal istilah noise Johnson) dan H.W. Weinhart dari Western Electric dan menjadi produk komersial pada 1922. Dalam tabung sinar katoda, elektron-elektron secara hati-hati diarahkan menjadi pancaran, dan pancaran ini didefleksi oleh medan magnetik untuk melaksanakan scanning permukaan di ujung anode. Ketika elektron menyentuh material pada layar ini, maka elektron akan menimbulkan timbulnya cahaya.
Secara teori, CRT dan LCD mempunyai perbedaan, di mana CRT memakai elektron yang ditembakkan ke layar sehingga mewarnai menjadi suatu gambar, sedangkan LCD mempunyai cahaya di belakang yang konstan sehingga intensitas kecerahan menjadi tidak sama sebab adanya penutupan atau penghalangan dari molekul untuk sinar yang melewati pgual.Tampilan plasma diciptakan di Universitas Illinois oleh Donald L. Bitzer dan H. Gene Slottow pada 1964 untuk Sistem Komputer PLATO. Pgual monochrome orisinal (biasanya oranye atau hijau) menikmati penerapan yang bertambah pada awal 1970-an sebab tampilan ini berpengaruh dan tidak membutuhkan sirkuit memori dan penyegaran.
Namun diikuti oleh kurangnya penjualan yang dikarenakan perkembangan semikonduktor memori membuat tampilan CRT sangat murah pada final 1970-an. Dimulai dari disertasi (untuk gelar Ph.D) Larry Weber dari Universitas Illinois pada 1975 yang berhasil membuat tampilan plasma berwarna, dan risikonya berhasil mencapai tujuan tersebut pada 1995. Sekarang ini, sebab pgual berwarna plasma sangat terang dan sudut pandangnya yang lebar, maka tampilan ini kembali mendapat kepopulerannya.
2) Monitor LCD
Monitor LCD (liquid crystal display) yaitu jenis monitor yang memakai kristal cair sebagai penampil utama. Monitor LCD bentuknya sangat simpel sebab tipis dan enteng sehingga tidak menghabiskan banyak kawasan untuk meletakkannya dan mudah untuk dibawa-bawa. Monitor LCD juga mempunyai layar yang datar sehingga sangat pas digunakan untuk keperluan desain. Oleh sebab itu, monitor LCD sudah banyak digunakan untuk monitor komputer di perkantoran. Selain itu, LCD juga digunakan di dalam banyak sekali alat-alat elektronik, menyerupai televisi, kalkulator, dan telepon seluler.
3) Monitor plasma
Monitor plasma yaitu monitor layar datar emisif yang cahayanya dihasilkan oleh fosfor yang tereksitasi oleh sebuah pelepasan muatan plasma antara dua layar datar yang bahannya terbuat dari gelas.
b. Speaker
Speaker berfungsi untuk menampilkan hasil keluaran berupa suara. Speaker bisa mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
c. Printer
Printer yaitu suatu perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak dokumen yang sudah dibuat. Dokumen-dokumen tersebut sanggup berupa surat, buku, gambar, laporan, dan lain sebagainya. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu tray sebagai kawasan menaruh kertas, picker sebagai alat mengambil kertas dari tray, dan tinta atau toner sebagai alat pencetak sesungguhnya. Selain itu, ada pula kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, tetapi kuat. Pada potongan belakang printer biasanya ada port paralel atau USB sebagai penghubung ke komputer.
Berdasarkan jenisnya, printer dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai diberikut:
1) Printer tinta
Printer tinta bekerja dengan cara menyemprotkan atau menyemburkan tinta yang ada di dalam cardridge ke kertas.
2) Printer dot matrik
Printer jenis dot matrik mempunyai pengetuk-pengetuk kecil yang berbentuk titik (pin).
3) Printer laser
Printer laser bekerja menyerupai mesin fotokopi yang menyemprotkan serbuk tinta dengan model pencahayaan. Kualitas hasil printer laser paling bagus, namun harga printer dan serbuk tintanya juga paling mahal.
Demikianlah Materi Penjelasan Perangkat Keras Komputer (Hardware), selamat belajar.