-->

Fungsi Administrasi

Fungsi manajemen. Yang disebut dengan fungsi administrasi yaitu suatu elemen yang menempel dan selalu ada dalam aktivitas proses menajamen yang dijadikan sebagai suatu contoh oleh seorang manajer pada waktu melaksanakan suatu aktivitas guna mencapai suatu tujuan tertentu. Pada masa ke 20 Henry Fayol mengenalkan fungsi administrasi untuk yang pertama kalinya. Menurut Henry Fayol fungsi dari administrasi ada lima yaitu perencanaan, pengorganisasian, perintah, pengordinisasian, dan juga pengendalian. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman fungsi administrasi berkembang menjadi empat hal saja yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan juga pengawasan.berikut akan saya paparkan penjelasan dari masing- masing poin yang ada dalam fungsi administrasi tersebut.

Fungsi manajemen yang pertama yaitu fungsi perencanaan atau planning. Perencanaan yaitu suatu idea tau fatwa sesuatu hal yang mau dilakukan diwaktu yang akan datang. Perencanaan dilakukan sebagai salah satu proses yang paling penting yang harus diadakan dalam mencapai sebuah tujuan. Adapun beberapa aktivitas yang ada di dalam perencanaan yaitu :
· Menetapkan suatu tujuan dan juga suatu sasaran yang akan dicapai
· Merumuskan beberapa taktik yang akan dipakai untuk meraih tujuan dan juga sasaran yang sudah ditentukan
· Memilih sumber daya yang diharapkan
· Menetapkan indicator keberhasilan

Fungsi administrasi yang kedua yaitu fungsi pengorganisasian atau sering disebut dengan organizing. Fungsi pengorganisasian yaitu suatu proses pembagian kiprah yang harus dikerjakan untuk melaksanakan beberapa taktik yang telah dirancang didalam fungsi perencanaan. harus dilakukan alasannya fungsi ini bisa memperlihatkan akomodasi pada seorang manajer ketika melaksanakan sebuah pengawasan dan pembagian kiprah pada anak buahnya. Tujuan dari pada pengorganisasian yaitu untuk membagi kiprah atau aktivitas yang besar dibagi menjadi kiprah yang lebih kecil. Kegiatan yang terkandung didalam pengorganisasian yaitu :
· Menetapkan kiprah dan mekanisme yang diharapkan
· Menentukan adanya sumber daya
· Merekrut, menyeleksi, melatih, dan juga berbagi SDM
· Menentukan penempatan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki

Fungsi manajemen yang ketiga yaitu fungsi pengarahan atau directing. Fungsi pengarahan yaitu suatu aktivitas yang dilakukan guna memperlihatkan aba-aba pada anggota untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Adanya fungsi pengarahan yaitu untuk memotifasi semua anggota biar bisa bekerja dengan penuh tanggung jawab. Kegiatan yang ada dalam fungsi pengawasan yaitu :
· Mengimplementasi pembimbingan, dan juga memperlihatkan motivasi pada anggota
· Memberikan pengarahan biar anggota bisa bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab
· Memberikan penjelasan ihwal kiprah pekerjaan
· Memberikan penjelasan ihwal kebijakan yang telah ditetapkan

Fungsi administrasi yang terakhir yaitu fungsi pengawasan. Pengawasan yaitu fungsi terakhir yang ada didalam fungsi manajemen. Fungsi pengawasan diadakan guna memastikan bahwa semua planning yang telah ditetapkan dalam fungsi perencanaan telah dilaksanakan dengan baik sehingga sanggup mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Kegiatan yang ada didalam fungsi ini yaitu :
· Evaluasi keberhasilan, apakah hasil yang diperoleh sesuai dengan indicator yang sudah ditentukan
· Mengklarifikasi dan mengoreksi adanya penyimpangan
· Mencari solusi untuk menyelasaikan dilema yang ada
Itu yaitu empat fungsi manajemen. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Amiiiiin !!!
LihatTutupKomentar