A. PENGERTIAN PASAR MONOPOLI
Pasar monopoli ialah jenis pasar dimana hanya terdapat satu produsen besar yang menguasai pasar untuk seluruh konsumennya. Secara bahasa kata monopoli berasar dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “monos” yang artinya satu dan “polein” yang artinya menjual. Perusahaan atau produsen yang menguasai pasar mempunyai kekuatan yang besar, telah dikenal oleh masyarakat luas, dan keuangan yang memadai, hal ini menciptakan produsen gres dengan modal kecil akan sangat sulit untuk mengalahkan produsen tersebut. Karena produsen penguasa ini sudah dikenal luas oleh masyarakat, biasanya mereka tidak lagi melaksanakan promosi terhadap brand utamanya, melainkan promosi dilakukan untuk produk-produk gres atau produk unggalan mereka.
Kekuatan lain dari produsen pada pasar monopoli ialah mereka telah menetapkan hak paten (hak cipta) dan hak ekslusif terhadap produknya, hal ini menciptakan perusahaan lain tidak sanggup menciptakan produk sejenis sehingga luar biasa sulitnya perusahaan lain untuk tumbuh dan berkembang. Namun demikian, untuk mempertahankan posisinya sebagai “penguasa” pasar, produsen ini harus terus meningkatkan kualitas produk, menetapkan harga yang sesuai, dan berinovasi terhadap produknya semoga tidak bisa disaingi oleh perusahaan lain. Beberapa teladan perusahaan dalam pasar monopoli di Indonesia ialah PLN (listrik), Telkom Indonesia, dan perusahan minyak bumi dan gas alam.
Kekuatan lain dari produsen pada pasar monopoli ialah mereka telah menetapkan hak paten (hak cipta) dan hak ekslusif terhadap produknya, hal ini menciptakan perusahaan lain tidak sanggup menciptakan produk sejenis sehingga luar biasa sulitnya perusahaan lain untuk tumbuh dan berkembang. Namun demikian, untuk mempertahankan posisinya sebagai “penguasa” pasar, produsen ini harus terus meningkatkan kualitas produk, menetapkan harga yang sesuai, dan berinovasi terhadap produknya semoga tidak bisa disaingi oleh perusahaan lain. Beberapa teladan perusahaan dalam pasar monopoli di Indonesia ialah PLN (listrik), Telkom Indonesia, dan perusahan minyak bumi dan gas alam.
B. CIRI – CIRI PASAR MONOPOLI
- Hanya terdapat satu produsen penguasa
- Jenis barang yang diproduksi tidak ada penggantinya (sulit ditemukan)
- Banyak kendala untuk pertumbuhan dan perkembangan perusahaan gres dalam pasar
- Penentuan harga barang hanya dikuasai oleh produsen penguasa tersebut
- Promosi dan iklan tidak begitu penting dalam pemasaran produknya
- Pemerintah tidak ikut campur secara pribadi dalam acara ekonomi pasar monopoli
- Perusahaan monopoli mempunyai kekuatan besar, keuangan yang baik, hak cipta atas produk dan dikenal luas oleh masyarakat
- Kemampuan dan cita-cita konsumen tidak menghipnotis harga pasar
PASAR MONOPOLI |
C. KLASIFIKASI MACAM – MACAM PASAR MONOPOLI
1. Monopoli Pemerintah dan Negara
Monopoli pemerintah dan negara ialah monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dengan tujuan memenuhi kepentingan hajat hidup orang banyak. Monopoli oleh pemerintah cenderung menunjukkan banyak dampak faktual terhadap masyarakatnya alasannya ialah mereka tidak mengedepankan pencarian keuntungan dalam menjalankan acara ekonomi.
2. Monopoli secara Alamiah
Monopoli ini terjadi alasannya ialah efek sumber daya alam, iklim atau situasi alam khas yang tidak dimiliki pihak lain sehingga perusahaan yang mempunyai kanal terhadap kekayaan tersebut sanggup melaksanakan monopoli untuk produk itu.
3. Monopoli alasannya ialah Hak atas Kekayaan Intelektual
Ada beberapa jenis hak yang sanggup didapatkan produsen terhadap produknya, antar lain :
a. Hak Cipta
Hak cipta ialah hak ekslusif pencipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau gosip tertentu atas karyanya. Untuk memberbanyak atau membatasi karya tersebut maka pihak lain perlu mendapat izin dari pemegang hak cipta tadi.
b. Hak Paten
Hak paten ialah hak ekslusif yang diberikan negara kepada penemu atas hasil penemuannya dalam bidang teknologi untuk jangka waktu tertentu.
c. Hak Merk
Hak brand ialah hak ekslusif yang diberikan negara kepada pemilik brand yang terdaftar dalam daftar umum brand untuk jangka waktu tertentu dengan memakai sendiri brand tersebut atau menunjukkan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya.
4. Monopoli alasannya ialah Efisiensi Kerja
Efisiensi kerja disini berarti kemampuan suatu perusahaan untuk memproduksi produk yang anggun dengan dana yang rendah sehingga sanggup dijual dengan harga yang lebih murah. Metode produksi ini biasanya hanya diketahui oleh perusahaan tersebut dan barang yang diproduksi akan mempunyai hak cipta. Karena perusahaan lain tidak mengetahui metode yang dipakai dan membutuhkan harga tinggi untuk menciptakan produk yang sejenis, maka mereka kalah saing dari segi harga. Oleh alasannya ialah itu perusahaan dengan kemampuan efisiensi kerja yang baik sanggup memonopoli pasar.
5. Monopoli alasannya ialah Bahan Baku
Bahan baku ialah materi dasar yang sanggup berasal dari banyak sekali kawasan yang mana materi tersebut sanggup diolah dengan proses tertentu untuk membentuk produk gres yang wujud dan bentuknya berbeda. Penguasaan materi baku oleh produsen tertentu juga sanggup melahirkan pasar monopoli. Biasanya materi baku sanggup dipakai untuk menciptakan banyak produk, untuk materi baku yang sulit ditemukan dan hanya terdapat ditempat tertentu, maka biasanya akan ada satu perusahaan besar yang menguasai materi tersebut. Hal inilah yang sanggup memacu timbulnya monopoli oleh perusahaan itu.
6. Monopoli alasannya ialah Penguasaan Teknologi dan Tenaga Ahli
Pada zaman modern teknologi dan tenaga hebat merupakan sumber daya yang sangat penting dalam segala aspek kehidupan, termasuk di bidang ekonomi. Bahkan beberapa orang terkaya di dunia merupakan mereka yang berhasil menguasai teknologi dan memanfaatkannya dengan baik. Contoh monopoli alasannya ialah penguasaan teknologi dan tenaga hebat ialah penguasaan oleh Microsoft dalam bidang sistem operasi, walaupun sering dibandingkan dengan Apple dalam teknologi secara umum, tetapi dalam sistem operasi komputer, microsoft dengan windowsnya merupakan penguasa pasar ini.
7. Monopoli Karena Masyarakat
Pasar monopoli ini terbetuk alasannya ialah adanya kepercayaan masyarkat terhadap suatu perusahaan tertentu. Kepercayaan ini sanggup terbentuk alasannya ialah dipengaruhi oleh banyak faktor, menyerupai pelayanan, kualitas produk, keunikan produk, dll. Jika keunggulan yang dipercayai masyarakat ini tidak lagi dimiliki oleh perusahaan itu, maka masyarakat akan beralih kepada produsen lain. Tetapi monopoli alasannya ialah masyarakat ini sangat jarang ditemukan, apalagi di zaman modern yang persaingan ekonominya sangat ketat.
D. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PASAR MONOPOLI
1. Kelebihan Pasar Monopoli
- Kreativitas dan penemuan tetap dilakukan oleh produsen untuk mempertahankan posisinya sebagai “penguasa” pasar sehingga kualitas produk tetap berkembang.
- Tidak ada pertikaian dan persaingan tidak sehat antar produsen.
- Adanya sistem hak paten atau hak cipta atas sebuah produk akan memotivasi pihak lain untuk memunculkan produk gres yang sanggup menyaingi produk tersebut.
- Jika monopoli dipegang oleh tubuh perjuangan pemerintah (negara) maka akan gampang memenuhi kebutuhan dan kepentingan umum.
2. Kekurangan Pasar Monopoli
- Memicu perkembangan pasar gelap dan transaksi illegal lain alasannya ialah barang yang sulit didapatkan atau harga yang dianggap terlalu mahal.
- Adanya ketidakadilan dari produsen terhadap konsumen alasannya ialah kekuatan produsen yang mutlak.
- Tidak ada pilihan lain untuk produk yang sejenis sehingga cita-cita konsumen tidak terlalu kuat dalam pasar.
- Unsur eksploitasi oleh produsen sangat kuat.