-->

Pengertian Administrasi Keuangan

Pengertian administrasi keuangan. Pada ketika ini pengertian dari administrasi keuangan mengalami perkembangan yang sangat pesat. Perkembangan tersebut sanggup dilihat dari pengertian administrasi itu sendiri yang tadinya mengutamakan sebuah aktifitas untuk memperoleh anggaran atau dana saja sampai yang mengutamakan sebuah aktifitas untuk memperoleh serta memakai dana itu paada sebuah aktifitas yang dilakukan. Manajemen keuangan merupakan semua aktifitas atau semua kegiatan pada perusahaan yang dilakukan dalam rangka memakai dan mengalokasikan sebuah dana atau anggaran dari perusahaan secara efisien mungkin. Menurut pendapat dari George R. terry didalam administrasi terdapat empat buah kegiatan yaitu planning atau perencanaan, organizing atau organisasi, actuating dan juga controlling.

Berikut ialah kumpulan dari beberapa pendapat para mahir tentang pengertian administrasi keuangan.
· Menurut Bambang Riyanto administrasi keuangan ialah seluruh aktifitas yang dilakukan oleh perusahaan yang berkaitan dengan suatu perjuangan untuk mendapat sebuah dana yang diharapkan dengan anggaran yang minimal dan juga syarat yang utama ialah sanggup menguntungkan serta perjuangan didalam memakai dana itu secara efisien.
· Menurut Suad Husnan pengertian dari administrasi keuangan sangat singkat yaitu administrasi pada fungsi keuangan.
· Menurut James Van Horne juga beropini bahwa administrasi keuangan ialah semua kegiatan yang mempunyai relasi dengan pendapatan, pendanaan dan juga pengelolaan sebuah kegiatan dengan sebuah tujuan yang menyeluruh.
· Menurut Liefman administrasi keuangan ialah suatu perjuangan yang dilakukan untuk menyediakan dana atau uang dan untuk memakai uang atau dana tersebut untuk memperoleh suatu tujuan dari perusahaan.
dari beberapa pendapat tersebut sanggup disimpulkan bahwa administrasi keuangan merupakan sebuah proses didalam sebuah kegiatan keuangan suatu perusahaan yang mempunyai relasi dengan beberapa upaya untuk memperoleh dana perusahaan dan untuk meminimaliskan dana perusahaan dan juga upaya untuk mengelola keuangan suatu perusahaan atau organisasi guna mencapai sebuah tujuan.

Manajemen keuangan merupakan sebuah administrasi yang sangat peka terhadap fungsi- fungsi keuangan. Sedangkan fungsi dari keuangan tersebut ialah suatu kegiatan dimana kegiatan utama yang dilakukan ialah bertanggung jawab kepada suatu bidang tertentu. Fungsi dari adanya administrasi keuangan itu sendiri ialah untuk menggunakan, menempatkan dan juga mengatur dana yang telah diperoleh seminimal mungkin. Karena pengertian dari administrasi keuangan itu sendirir ialah sebuah aktifitas sebuah perusahaan yang berafiliasi dengan cara sebuah perusahaan untuk mendapat dana, dan cara menggunakan, dan juga mengelola dana yang diperoleh untuk mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.

Dari adanya beberapa klarifikasi wacana pengertian administrasi keuangan diatas, sanggup dikatakan bahwa administrasi keuangan mempunyai tiga kegiatan atau kegiatan yang saling berkaitan satu sama lain. Kegiatan tersebut ialah :
· Sebuah kegiatan didalam penggunaan anggaran. Maksudnya yaitu sebuah kegiatan untuk menginveskan dana yang dimiliki oleh perusahaan kepada suatu aktiva
· Sebuah kegiatan dalam mendapat dana. Maksudnya ialah sebeuah kegiatan untuk memperoleh sumber dana, baik itu dari sumber internal atau pun dari sumber eksternal
· Sebuah kegiatan pengelolaan suatu aktiva. Maksudnya yaitu sesudah mendapat dana lalu dana itu dialokasikan pada sebuah aktiva dan mengelola dana itu seefisien mungkin.
LihatTutupKomentar