Kehadiran media pembelajaran dalam sebuah acara pembelajaran sangatlah penting. Tanpa adanya media pembelajaran yang baik maka sebuah acara pembelajaran yang berlangsung tidak akan sanggup berjalan dengan baik dan para penerima didik akan banyak mengalami kesulitan terkait dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya terlebih untuk materi pembelajaran yang biasanya abstrak. Karena hal tersebutlah maka dalam sebuah acara pembelajaran untuk sanggup berlangsung secara efektif maka seorang tenaga pendidik harus sanggup memilih media pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan. Untuk mendapatkannya maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan menjadi materi pertimbangan ketika akan memakai sebuah media pembelajaran. Di antaranya ialah sebagai berikut.
- Hal pertama yang harus ditekankan terkait dengan media pembelajaran ini ialah pemahaman bahwa tidak ada satu pun media yang buruk untuk dipakai dalam pembelajaran atau pun sebaliknya. Setiap media pembelajaran yang dipakai mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing tergantung dari bagaimana pemanfaatannya apakah efektif atau tidak.
- Yang kedua yang harus menjadi pemahaman bersama ialah bahwa kehadiran media pembelajaran dalam sebuah acara pembelajaran merupakan satu kesatuan yang tidak bangkit sendiri. Dalam artian media pembelajaran ini bukan hanya sekedar sebagai alat bantu saja tetapi lebih pada sebuah acara pembelajarannya.
- Melihat kemampuan penerima didik. Pemilihan media pembelajaran ini harus menyesuaikan dengan keadaan dari penerima didik itu sendiri. Hal ini sebab bagaimana pun juga kehadiran dari media pembelajaran ini lebih diutamakan, ditujukan untuk para penerima didik. Sehingga sanggup dikatakan bahwa sebuah media pembelajaran akan sanggup dipakai secara maksimal jikalau media pembelajaran tersebut sesuai dengan keadaan penerima didik yang belajar.
- Sebaiknya dalam suatu acara pembelajaran dalam satu waktu, menghindari penggunaan aneka macam media sekaligus. Karena hal ini sangat tidak efektif dan berdampak pada penerima didik yang akan mengalami kebingungan terhadap materi pelajaran yang disampaikan oleh tenaga pendidiknya.