-->

Metode Pembelajaran Tematik

Pada metode pembelajaran tematik ini memiliki pengertian yaitu sebuah metode yang memadukan antara satu pokok bahasan yang sedang dipelajari dari beberapa ilmu yang dikemas dengan bentuk tema. Dengan pembelajaran model tematik ini tugas guru yakni sebagai fasilitator siswa dimana guru akan menyatukan pemahaman pada siswa terhadap beberapa bahan tanpa kita terbatasi oleh suatu mata pelajaran lainnya.

Dengan ini juga sanggup meminimalkan semua pengontakan akan antara mata pelajaran lainnya. Salah satu referensi soal dari metode pembelajaran tematik yaitu pada soal mengenai stek. Mungkin pada pembahasan yang menyangkut problem bagaimana cara bercocok taman dengan memakai metode stek, yang nantinya akan memunculkan wangsit - wangsit lain dari siswa. Dalam hal ini, sebaiknya para siswa juga terjun eksklusif dan mempraktekkannya. Jika tidak bisa praktek eksklusif bercocok tanam dengan metode stek, siswa juga bisa disajikan bahan dengan metode tematik dengan memakai sebuah media visual yang di putar di dalam kelas sehingga para siswa bisa lebih gampang menangkap pelajaran yang di ajarkan.

Cara berguru tidak hanyalah melulu pada metode berguru yang berfokus pada teori saja. Namun teori juga dibutuhkan didalam rangka mengejar standar kurikulum yang berlaku. Namun untuk mencapai standarisasi kurikulum tersebut juga dibutuhkan media untuk berguru yang bisa menciptakan para siswa menjadi lebih mengerti. Dengan memikirkan akan kenyamanan serta hal - hal yang menciptakan siswa lebih semangat di dalam berguru maka secara otomatis juga akan membantu para siswa untuk bisa memahami dengan cepat bahan - bahan yang sudah disampaikan oleh guru.

Dalam metode tematik ini juga tidak hanya selalu berpacu pada satu bahan  dan bidang studi saja, namun juga mengharuskan seorang guru supaya lebih bisa kreatif di dalam penyampaian materinya kepada seluruh siswa. Misal mengenai pelajaran ilmu pengetahuan alam yang membahas mengenai proses tumbuhnya kecambah, hal ini tidak harus selalu dibahas dalam ilmu pengetahuan alam, namun juga bisa dihubungkan dengan mata pelajaran lainnya. Dan dibutuhkan dengan adanya metode tematik ini, para siswa dan guru  akan lebih banyak melaksanakan interaksi.
LihatTutupKomentar