-->

Mengenal Metode Pembelajaran Ceramah

Metode pembelajaran ceramah merupakan metode pembelajaran yang banyak dipakai ketika ini. Apakah itu metode pembelajaran ceramah? Bagi anda yang ingin mendapat informasi tentangnya secara lengkap maka ada baiknya jikalau anda membaca beberapa ulasan berikut ini dengan seksama.

Pembelajaran ceramah merupakan sebuah acara pembelajaran secara eksklusif atau biasa disebut juga metode pembelajaran konvensional atau umum. Metode pembelajaran ini mempunyai ciri utama yakni seorang tenaga pendidik menawarkan bahan pembelajaran melalui penerangan dan klarifikasi eksklusif kepada para penerima didiknya. Hal ini sanggup kita lihat pada banyak situasi pembelajaran di Indonesia, khususnya pada pembelajaran di tingkat dasar hingga menengah.

Dapat kita katakan bahwa metode pembelajaran ibarat ini yakni metode pembelajaran yang banyak dipakai oleh tenaga pendidik kita dan telah usang digunakan. Pastinya ada banyak alasan tertentu mengapa metode pembelajaran ibarat ini masih tetap digunakan. Alasan-alasan perihal kelebihan dari metode pembelajaran ini antara lain yakni sebagai berikut.
  1. Alasan pertama yakni alasannya yakni dengan memakai metode pembelajaran ini gampang dilakukan oleh tenaga pendidik.
  2. Para penerima didik sanggup memperoleh pembelajaran secara langsung.
  3. Karena acara pembelajaran disampaikan secara lisan, maka sanggup dilakukan di banyak sekali daerah dan tidak memerlukan banyak biaya untuk keperluan media pembelajaran.
Meski banyak yang menyampaikan bahwa media pembelajaran ini tidak mengecewakan efektif dipakai oleh tenaga pendidik dalam memberikan bahan pembelajaran kepada penerima didiknya. Namun, nyatanya banyak di antara para pengembang pendidikan yang menilai bahwa acara pembelajaran dengan metode pembelajaran ini kurang efektif. Hal  tersebut karena banyak sekali alasan sebagai berikut.
  1. Alasan pertama yakni alasannya yakni metode ini memakai teacher center atau tenaga pendidik sebagai sentra pembelajaran sehingga dengannya menciptakan para tenaga pendidik yang lebih aktif daripada penerima didiknya.
  2. Pemahaman yang dimiliki oleh penerima didik berbeda-beda alasannya yakni para penerima didik intinya mempunyai tipikal yang berbeda. Ada yang bertipe visual, audio dan juga ada yang kinestetik.
  3. Metode pembelajaran ini juga sanggup menurunkan tingkat impian berguru para penerima didik alasannya yakni bosan.
Demikian yang sanggup saya sajikan pada anda kali ini. Semoga dengannya menawarkan banyak manfaat bagi anda sekalian.
LihatTutupKomentar