Pada dikala ini berbagai metode - metode pembelajaran yang berkembang. Dalam kesempatan kali ini akan dibahas mengenai pengertian pembelajaran konvensioanal. Metode mengajar yaitu suatu pengetahuan mengenai cara mengajar yang dipakai oleh guru. Pembelajaran intinya merupakan proses penambahan gosip serta kemampuan. Pembelajaran konvensional merupakan model pembelajaran yang masih dipakai oleh kebanyakan guru. Pengertian pembelajaran konvensional berdasarkan Freire yaitu suatu metode pengajaran yang bergaya bank dimana guru hanya sebagai penyampai gosip yang harus dihafal dan diingat oleh para siswa. Sedangkan berdasarkan Djamarah, pengertian pembelajaran konvensional merupakan sebuah metode berguru tradisional atau bisa juga disebut metode ceramah. Dalam hal ini seorang guru melaksanakan pengajaran kepada murid dengan cara ceramah yang diselingi dengan klarifikasi mengenai materi yang diberikan serta menawarkan latihan soal dan tugas. Pembelajaran konvensional ini mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :
Pembelajaran konvensional ini juga masih dipakai oleh beberapa guru, alasannya pembelajaran dengan metode ini masih menjadi pilihan yang bisa dibilang efektif. Keunggulan dari metode pembelajaran ini yaitu :
Jika metode konvensional ini mempunyai keunggulan, tentunya juga mempunyai kelemahan, diantaranya yaitu :
- Para siswa dituntut untuk berguru sendiri
- Siswa hanya mendapatkan ilmu pengetahuan yang diberikan oleh guru.
- Proses berguru mengajar bersifat teoritis
- Kebenaran mengenai pengetahuan bersifat jawaban dan absolut
- Interaksi siswa sangat kurang
- Proses pembelajaran ditentukan oleh seorang guru
- Seorang guru lebih sering memperhatikan proses kelompok yang berada dalam kelompok belajar
Pembelajaran konvensional ini juga masih dipakai oleh beberapa guru, alasannya pembelajaran dengan metode ini masih menjadi pilihan yang bisa dibilang efektif. Keunggulan dari metode pembelajaran ini yaitu :
- Penyampaian gosip dengan cepat.
- Mampu memberi pelajaran pada siswa, bahwa mendengarkan yaitu cara berguru yang baik.
- Metode ini sangat gampang dipakai dikala proses berguru mengajar terjadi
- Dapat membangkitkan untuk lebih mencari informasi
- Informasi yang diberikan guru tidak akan gampang di cari ditempat lainnya.
Jika metode konvensional ini mempunyai keunggulan, tentunya juga mempunyai kelemahan, diantaranya yaitu :
- Tidak semua siswa mempunyai cara berguru mendengarkan
- Karena mempunyai sifat menghafal, maka para siswa akan gampang lupa alasannya mempunyai daya serap yang rendah
- Kebanyakan para siswa kurang mengetahui tujuan berguru pada dikala itu
- Terlalu berfokus pada tunjangan dan penilaian kiprah yang diberikan oleh guru