-->

Memahami Model Pembelajaran Aktif

Model pembelajaran aktif merupakan sebuah model pembelajaran yang banyak dikembangkan di sekolah-sekolah ketika ini. Model pembelajaran ini dinilai mempunyai banyak kelebihan kalau dibandingkan dengan pembelajaran yang lainnya. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang ibarat ini menunjukkan banyak peluang kepada para tenaga pendidik dan juga para penerima didik untuk memaksimalkan situasi pembelajaran menjadi sebuah aktivitas yang lebih aktif. Sehingga dengannya para penerima didik lebih aktif dalam banyak hal misalkan dalam hal berinteraksi dengan penerima didik lain maupun dengan tenaga pendidik, para penerima didik lebih dikembangkan untuk berani memberikan pendapat mereka dan sanggup mewujudkan sebuah kemandirian dalam diri penerima didik dalam aktivitas pembelajaran.

Dalam menerapkan sebuah aktivitas pembelajaran  aktif ini maka ada banyak seni administrasi yang bisa diterapkan oleh seorang tenaga pendidik. Di antaranya yaitu sebagai berikut.

1. Pengalaman penting. Strategi ini mengajarkan kepada para penerima didik untuk banyak sekali pengalaman penting (sharing) yang mereka alami. Dengan hal ini maka mereka dibutuhkan akan saling aktif dalam banyak sekali antar penerima didik yang satu dengan yang lainnya.

2. Kerja kelompok. Model pembelajaran aktif ini sanggup dikembangkan memakai model pembelajaran kooperatif atau kerjasama. Di sini para penerima didik sanggup kita arahkan untuk menuntaskan sebuah permasalahan secara bantu-membantu di dalam kelompok yang telah dibuat. Misalkan saja dengan menunjukkan sebuah soal kepada para penerima didik untuk menyusun kalimat acak menjadi sebuah paragraf yang baik dan lain sebagainya.

3. Saling bertukar Pengetahuan. Seorang tenaga pendidik sanggup menunjukkan isyarat kepada para penerima didiknya untuk aktif dalam bertukar pengetahuan. Dan hal ini sanggup dilakukan dalam kelompok-kelompok yang lebih intens.

Selain beberapa seni administrasi yang telah saya sebutkan di atas tentunya masih terdapat banyak seni administrasi yang lainnya yang sanggup dikembangkan oleh seorang tenaga pendidik dalam menghidupkan suasana pembelajaran di kelas. Namun demikian ada hal penting yang harus ditekankan pada pembelajaran ini, bahwa seorang tenaga pendidik harus aktif dalam mengatur kondisi kelas semoga tetap aman selama aktivitas pembelajaran alasannya bagaimanapun juga keberhasilan dari model pembelajaran ini sangat ditentukan dari sebagaimana kemampuan seorang tenaga pendidik dalam mengkondisikan kelasnya.

Demikianlah sedikit ulasan yang sanggup saya berikan untuk ada. Semoga menunjukkan manfaat.
LihatTutupKomentar