-->

Pengertian, Fungsi, Dan Macam Jaringan Komputer

Selamat tiba di softilmu, blog sederhana yang menyebarkan ilmu pengetahuan dengan penuh keikhlasan. Kali ini kami akan menyebarkan ilmu wacana Jaringan Komputer, beberapa topik utama yang akan kami bahas yaitu Pengertian Jaringan Komputer, Fungsi Jaringan Komputer, dan Macam Macam Jaringan Komputer. Semoga sanggup bermanfaat J
Artikel Penunjang : Pengertian, Fungsi, dan Komponen Komputer
A. PENGERTIAN JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer yaitu sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih sistem komputer yang melakukan tugasnya dan saling berafiliasi satu sama lainnya. Hubungan yang dibuat sanggup dalam bentuk kekerabatan komunikasi ibarat pesan instan, menyebarkan sumber daya (resource) ibarat data, CPU dan hardware (CD-Rom, printer), dan jalan masuk terhadap gosip ibarat web. Misalnya koneksi  antara dua komputer, sehingga keduanya sanggup bertukar gosip satu sama lain. Bentuk koneksi tersebut sanggup melalui serat optik, kawat tembaga, gelombang mikro, dan satelit komunikasi (radio, satelit).
Artikel Penunjang : Sejarah Perkembangan Komputer
Tujuan daripada jaringan komputer ini yaitu setiap komputer yang termasuk kedalam sistem sanggup mendapatkan dan memperlihatkan layanan (service). Pihak yang mendapatkan layanan disebut dengan klien (client), dan yang memperlihatkan layanan disebut dengan peladen (server). Sehingga sistem yang terbentuk dari layanan ini disebut dengan sistem client-server, bahkan sistem ini digunakan pada hampir seluruh aplikasi pada jaringan komputer.
PENGERTIAN, FUNGSI, DAN MACAM MACAM JARINGAN KOMPUTER
B. FUNGSI JARINGAN KOMPUTER
1. Keamanan
Jaringan komputer yang termasuk kedalam sistem memperlihatkan sebuah layanan hak jalan masuk terhadap file atau sumber daya yang lain, sehingga terlindungi dari pengambilan hak cipta

2. Biaya
Sumber daya hardware sanggup di hemat alasannya sanggup antara hardware dan komputer sanggup berbagi. Membangun jaringan dengan komputer kecil juga lebih murah daripada memakai mainframe. Terutama dengan memakai sistem client-server

3. Kehandalan tinggi
Sumber alternatif sanggup tersedia kapan saja ketika dibutuhkan. Contohnya ibarat aplikasi pada sebuah bank, yang mana ketika satu mesin saja tidak bekerja, maka kinerja lainnya sanggup terganggu alasannya sumber mesin satu dengan lainnya yaitu sama

4. Kecepatan
Jaringan komputer akan menciptakan kerjaan menjadi lebih cepat melalui akomodasi sharing nya yang memungkinkan dan memudahkan perpindahan (transfer) data antara dua komputer atau lebih

5. Manajemen pemusatan aplikasi
Pada sebuah jaringan komputer, sanggup dilakukan pemusatan kegiatan aplikasi, sehingga sanggup menghemat waktu dan tenaga untuk menginstalasi kegiatan pada masing-masing komputer. Karena semua aplikasi yang hendak diinstal sanggup di programkan melalui sentra (central)nya.

6. Skalabilitas
Kinerja sanggup ditingkatkan dengan cara menambah komputer server maupun client dengan gampang dan tanpa mengganggu kinerja komputer server atau client yang sudah ada lebih dulu

7. Media komunikasi
Jaringan komputer memungkinkan kerjasama antara orang-orang yang terpisah dengan jarak. Baik untuk berkomunikasi, bahkan bertukar data.

8. Akses informasi
Informasi yang sanggup diakses lebih luas, bahkan gosip sanggup diakses dan didapatkan dari jarak yang jauh sekalipun.

9. Berbagi sumber
Berbagi sumber disebut juga dengan resource sharing, yaitu seluruh program, peralatan dan data yang digunakan oleh setiap orang yang termasuk kedalam sistem tanpa dipengaruhi oleh lokasi client dan servernya

10. Hiburan interaktif
Jaringan komputer juga memungkinkan orang-orang sanggup mendapatkan hiburan
Artikel Penunjang : Jenis Jenis Komputer
C. MACAM – MACAM JARINGAN KOMPUTER
1. Berdasarkan jangkauan geografisnya, yaitu:

1a. Komputer paralel
Komputer paralel, data flow machine, juga beberapa rujukan jaringan yang bekerja dalam satu unit yang sama, jarak antar prosessornya merupakan yang terkecil, yaitu 0,1 m. Prosessor di kawasan yang sama terhubung melalui papan rangkaian.

1b. Multicomputer
Merupakan sistem yang berkomunikasi dengan cara mengirim pesan melalui bus pendek dan sangat cepat. Jarak antar prosessornya yaitu 1 m, dan jaringan ini terhubung melalui sebuah sistem.

1c. Jaringan LAN (local area network)
Jaringan komputer ini hanya meliputi wilayah yang relatif kecil, jangkauan antar prosessor hanya dalam radius 10 m hingga 10 km. LAN biasa digunakan pada jaringan komputer di ruangan, kamar, rumah, gedung, sekolah, dan kampus. Teknologi Wi-fi merupakan salah satu rujukan LAN yang sering digunakan ketika ini. Tempat yang menyediakan teknologi Wi-fi berbasis koneksi LAN disebut dengan hotspot.
Pada LAN, seorang pengguna sanggup berinteraksi dan berkomunikasi dengan perangkat komputer lain dengan memakai aplikasi tertentu.

1d. Jaringan MAN (metropolitan area network)
Jaringan komputer ini meliputi wilayah yang lebih besar, yaitu dalam radius 10 hingga 50 km. Sehingga jaringan ini biasa digunakan dalam sebuah kota, perkantoran, jaringan antar pabirk/instansi dan wilayah pemerintahan dengan kecepatan transfer data yang relatif tinggi.

1e. Jaringan WAN (wide area network)
Jaringan komputer ini meliputi wilayah terbesar, yaitu mencapai 100 hingga 1000 km. Jaringan ini membutuhkan saluran komunikasi publik, sehingga penggunaannya biasa digunakan antar kota, wilayah, negara bahkan meliputi sebuah benua. WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer lokal dengan jaringan komputer lokal yang lainnya pada lokasi yang berbeda

1f. Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang terluas, yaitu dengan jarak antar prosessor mencapai 10.000 km, dan jaringan ini sanggup bekerja antara satu komputer dengan komputer yang lainnya dalam satu planet.

2. Berdasarkan distribusi informasi, yaitu:
2a. Jaringan terpusat
Jaringan komputer ini terdiri dari komputer server dan komputer client. Komputer-komputer client disini berfungsi sebagai mediator untuk mengakses sumber data atau gosip yang diperlukan yang bersumber dari satu komputer server.

2b. Jaringan terdistribusi
Jaringan komputer ini merupakan adonan dari beberapa jaringan terpusat, sehingga membentuk sebuah sistem.

3. Berdasarkan peranan komputer dalam proses data, yaitu:
3a. Jaringan Client-Server
Merupakan jaringan yang mempunyai 1 atau lebih komputer server dan komputer client. Komputer server sebagai penyedia informasi/data yang dibutuhkan, dan komputer client sebagai mediator untuk mengakses data pada komputer server. Dan keadaan ini sanggup diubah-ubah melalui software jaringan pada protokolnya.

3b. Jaringan peer-to-peer
Merupakan jaringan yang tidak mempunyai sistem client-server. Akan tetapi semua komputer sanggup mengirim dan mendapatkan data, sehingga semua komputer sanggup berperan sebagai client maupun server.

4. Berdasarkan media transmisi data, yaitu:
4a. Jaringan berkabel
Jaringan ini menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dengan penghubung berupa kabel jaringan. Yang akan mengirim gosip dala bentuk sinyal listrik.

4b. Jaringan nirkabel
Disebut juga dengan wireless network, yang merupakan jaringan dengan medium/perantara dalam bentuk elektromagnetik (gelombang yang tidak membutuhkan medium dalam perambatannya), sehingga dalam hal ini tidak diperlukan kabel akan tetapi sinyal informasi/data tetap sanggup dikirimkan kepada komputer lainnya. Contoh jaringan nirkabel yaitu Wi-fi.

5. Berdasarkan topologi jaringan, yaitu:
5a. Topologi bus
Merupakan topologi yang paling banyak digunakan. Dengan memakai T-connector dan menghubungkan perangkat dengan satu kabel dalam satu baris, maka perangkat jaringan lainnya dengan gampang terhubung. Topologi yang beruntut akan menjadi topologi linier.

5b. Topologi bintang
Merupakan bentuk topologi yang berupa konvergensi dari node central (tengah) ke node pengguna lainnya. Topologi ini termasuk dalam biaya menengah alasannya tingkat keamanannya yang termasuk tinggi, dan jalan masuk kontrol juga terpusat. Akan tetapi jikalau node centralnya rusak, maka otomatis node pengguna lainnya juga rusak.

5c. Topologi cincin
Merupakan topologi yang berbentuk rangkaian titik yang terhubung ketitik lainnya hingga terbentuk sebuah bundar dan membentuk cincin. Masing-masing node pada topologi ini berfungsi sebagai pengulang/repeater yang memperkuat sinyal sepanjang jalurnya. Dalam artian setiap perangkat berkerja sama dalam memperkuat sinyal mereka, dan penerusan sinyal ini dibantu oleh TOKEN (yang membawa gosip dan data dari komputer sumber).

Dengan sistem demikian, topologi cincin ini mempunyai performa yang lebih baik darin pada topologi bus, dan lebih hemat kabel. Akan tetapi jka terjadi kesalahan pada suatu node, seluruh jaringan sanggup terganggu.

5d. Topologi mesh
Merupaka topologi dalam bentuk kekerabatan antar perangkat. Setiap perangkat akan terhubung secara eksklusif ke perangkat lainnya yang terhimpun dalam jaringan. Sehingga memungkinkan perangkat didalam topologi mesh sanggup berinteraksi eksklusif dengan perangkat yang dituju. Dari sistem ini, maka tingkat keamanannya lebih terjamin, alasannya komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak sanggup diakses oleh komputer lainnya. Dan juga memudahkan identifikasi jikalau terjadi permasalahan terhadap koneksi antar komputer.

Akan tetapi, topologi mesh akan membutuhkan kawasan dan kabel yang banyak untuk interaksi antar perangkat. Dan instalasi konfigurasinya juga akan lebih sulit.

5e. Topologi pohon
Merupakan topologi yang terdiri atas kumpulan topologi bintang yang dihubungkan dalam sebuah topologi bus. Sehingga memerlukan beberapa node, yang mana node yang terletak lebih tinggi, akan mengatur node yang berada atau terletak lebih rendah. Tetapi, jikalau kelompok node yang lebih tinggi tidak berfungsi, akan menjadikan node yang terletak lebih rendah menjadi tidak berfungsi juga.

Nah itulah postingan kami kali ini wacana Jaringan Komputer, agar sanggup bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan pertanyaannya diisikan di kolom komentar, kami akan berusaha merespon dengan cepat dan tepat. Terimakasih telah berkunjung di softilmu, jangan lupa like, follow, dan komentarnya ya J


LihatTutupKomentar