Pengertian Arus Laut, Faktor penyebab terjadinya Arus Laut, Jenis-jenis Arus Laut, Persebaran arus maritim di seluruh dunia, dan pengamatan Arus Laut, nah sobat, beberapa point tersebut akan menjadi bahasan kita dalam artikel kali ini. Arus Laut merupakan tema dalam label geografi kita kali ini. Langsung saja ya.
A.PENGERTIAN ARUS LAUT
Arus laut yaitu pergerakan massa air secara vertikal dan horizontal sehingga menuju keseimbangannya, atau gerakan air yang sangat luas yang terjadi di seluruh lautan di dunia. Arus juga merupakan gerakan mengalir suatu massa air yang dikarenakan tipuan angin atau perbedaan densitas atau pergerakan gelombang panjang.
B.FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA ARUS LAUT
Terjadinya arus di lautan disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu :
- Faktor internal, menyerupai perbedaan densitas air laut, gradien tekanan mendatar dan ukiran lapisan air.
- Faktor eksternal menyerupai gaya tarik matahari dan bulan yang dipengaruhi oleh tahanan dasar maritim dan gaya coriolis, perbedaan tekanan udara, gaya gravitasi, gaya tektonik, dan angin.
C.JENIS-JENIS ARUS LAUT
a.Berdasarkan Proses Terjadinya:
- Arus ekman: Arus yang dipengaruhi oleh angin.
- Arus termohaline : Arus yang dipengaruhi oleh densitas dan gravitas.
- Arus pasut : Arus yang dipengaruhi oleh pasut.
- Arus Geostropik : Arus yang dipengaruhi oleh gradien tekanan mendatar dan gaya corolis.
- Arus Wind driven current : Arus yang dipengaruhi oleh rujukan pergerakan angin dan terjadi pada lapisan permukaan.
b.Berdasarkan Kedalamannya:
- Arus permukaan : Terjadi pada beberapa ratus meter dari permukaan, bergerak dengan arah horizontal dan dipengaruhi oleh rujukan sebaran angin.
- Arus dalam : Terjadi jauh di dasar kolom peraran, arah pergerakannya tidak dipengaruhi oleh rujukan sebaran angin dan membawa massa air dari tempat kutub ke tempat ekuator.
D.PERSEBARAN ARUS DI SELURUH DUNIA
a.Di Samudra Pasifik
1.Di Sebelah Utara Khatulistiwa
- Arus Khatulistiwa Utara, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke arah barat sejajar dengan garis khatulistiwa dan ditimbulkan serta di dorong oleh angin pasat timur laut.
- Arus Kuroshio, merupakan lanjutan arus khatulistiwa utara, lantaran sesudah hingga di bersahabat Filipina, arahnya menuju ke utara. Arus ini merupakan arus panas yang mengalir dari kepulauan Filipina, menyusur sebelah timur kepulauan Jepang dan terus ke pesisir Amerika Utara (terutama Kanada). Arus ini di dorong oleh Angin Barat.
- Arus Kalifornia, mengalir di sepanjang pesisir barat Amerika Utara ke arah selatan menuju ke khatulistiwa. Arus ini merupakan lanjutan arus kuroshio, termasuk arus menyimpang (pengaruh daratan) dan arus dingin.
- Arus Oyashio, merupakan arus masbodoh yang di dorong oleh angin timur dan mengalir dari selat Bering menuju ke selatan dan berakhir di sebelah timur kepulauan Jepang, lantaran di tempat ini arus tersebut bertemu dengan arus Kuroshio (terhambat oleh kuroshio). Di tempat pertemuan arus masbodoh Oyashio dengan arus panas Kuroshio terdapat tempat perikanan yang kaya, alasannya yaitu plankton-plankton yang terbawa oleh arus Oyashio berhenti pada tempat pertemuan dengan arus pana Kuroshio yang menjadi hangat dan tumbuh subur.
2.Di Sebelah Selatan Khaulistiwa
- Arus Khatulistiwa Selatan, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan atau didorong oleh angin pasat tenggara.
- Arus Humboldt atau Arus Peru, merupakan lanjutan dari sebagian arus angin bbarat yang mengalir di sepanjang barat Amerika Selatan menyusur ke arah utara. Arus ini di dorong oleh angin sentra tenggara dan termasuk arus dingin.
- Arus Australia timur, merupakan lanjutan arus Khatulistiwa Selatan yang mengalir di sepanjang pesisir Australia Timur dari arah utara ke selatan (sebelah timur Great Barrier Reef).
- Arus Angin Barat, merupakan lanjutan dari sebagian arus Australia Timur yang mengalir menuju ke timur ( pada lintang 30 derajat-40 derajat LS) dan sejajar dengan garis ekuator. Arus ini didorong oleh Angin Barat.
b.Di Samudra Atlantik
1.Di Sebelah Utara Khatulistiwa
- Arus Khatulistiwa Utara, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa. Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin pasat timur laut.
- Arus Teluk Gulfstream, merupakan arus menyimpang yang segera diperkuat oleh dorongan angin besar dan merupakan arus panas. Arus ini disebut arus teluk alasannya yaitu sebagian darinya keluar dari teluk meksiko.
- Arus Tanah Hijau Timur atau Arus Greenland Timur, merupakan arus masbodoh yang mengalir dari laue Kutub Utara ke Selatan menyusur pantai timur tanah hijau. Arus ini didorong oleh angin Timur ( yang berasal dari tempat kutub).
- Arus Labrador, berasal dari maritim kutub utara yang mengalir ke selatan menyusuri pantai timur Labrador. Arus ini didorong oleh angin timur dan merupakan arus masbodoh yang pada umumnya membawa “gunung es” yang ikut dihanyutkan.
- Arus Canari, merupakan arus menyimpang dan termasuk arus dingin. Arus ini merupakan lanjutan sebagian arus teluk yang mengubah arahnya sesudah imbas daratan Spanyol dan mengalir ke arah selatan menyusur pantai barat Afrika Utara.
2.Di Sebelah Setan Khatulistiwa
- Arus Khatulistiwa Selatan, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke barat, sejajar dengan garis khatulistiwa. Sebagian dari arus ini masuk ke utara (yang gotong royong dengan arus khatulistiwa utara ke Laut Karibia) sedangkan yang sebagian lagi membelok ke selatan. Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin pasat tenggara.
- Arus Braziliia, merupakan lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke arah selatan menyusuri pantai timur Amerika Selatan (khususnya Brazilia). Arus ini termasuk arus menyimpang dan merupakan arus panas.
- Arus Benguela, merupakan lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke arah utara menyusuri pantai barat Afrika Selatan. Arus ini merupakan arus dingin, yang kesudahannya kembali menjadi Arus Khatulistiwa selatan.
- Arus Angin Barat, merupakan lanjutan dari sebagian Arus Brazilia yang mengalir ke arah timur (pada lintang 30 derajat-40 derajat LS) sejajar dengan garis ekuator, arus ini didorong oleh angin barat dan merupakan arus dingin.
c.Di Samudra Hindia
1.Di Sebelah Utara Khatulistiwa
Arus maritim samudra ini keadaanya berbeda dengan samudra lain, alasannya yaitu arah gerakan arus tak tetap dalam setahun, melainkan berganti arah dalam ½ tahun, sesuai dengan gerakan angin isu terkini yang menimbulkannya. Arus-arus tersebut yaitu sebagai berikut:
- Arus Musim Barat Daya, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke timur menyusuri maritim arab dan Teluk Benguela. Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin isu terkini barat daya. Arus ini berjalan kurang berpengaruh alasannya yaitu menerima kendala dari gerakan angin pasat timur laut.
- Arus Musim Timur Laut, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke barat menyusuri teluk Benguela dan Laut Arab. Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin isu terkini timur laut. Arus yang terjadi bergerak agak berpengaruh alasannya yaitu di dorong oleh dua angin yang saling memperkuat, yaitu angi pasat timuur maritim dan angin isu terkini timur laut.
2.Di Sebelah Selatan Khatulistiwa
- Arus Khatulistiwa Selatan, merupakan arus panas yang mengalir menuju ke barat sejajar dengan garis khatulistiwa yang nnantinya pecah menjadi dua ( Arus Maskarena dan Aurs Agulhas sesudah hingga di timur madagaskar). Arus ini ditimbulkan dan didorong oleh angin pasat tenggara.
- Arus Maskarena dan Arus Agulhas, merupakan arus menyimpang dan merupakan arus panas. Arus ini juga merupakan lanjutan dari pecahan Arus Khatulistiwa Selatan. Arus Maskarena mengalir menuju ke selatan menyusuri pantai Pulau Madagaskar Timur. Arus Agulhas juga mengalir menuju ke selatan menyusuri pantai pulau Madagaskar Barat.
- Arus Angin Barat, merupakan lanjutan dari sebagian arus angin barat yang mengalir ke sebelah utara menyusur pantai barat benua Australia. Arus ini termasuk arus menyimpang dan merupakan arus masbodoh yang kesudahannya kembali menjadi Arus Khatulistiwa Selatan.
E.PENGAMATAN ARUS LAUT
Dilakukan untuk mengetahui arah dan kecepatan air maritim pada kedalaman tertentu. Metode pengamatannya memakai Current Meter, yaitu dengan menempatkannya di beberapa stasiun pengamat di bawah permukaan laut.
Current Meter |
Keuntungan Current Meter:
- Dapat mengukur pada setiap kedalaman.
- Pencatatanya secara otomatis.
- Data Ukurannya relatif teliti.
Sistem Pengamatan
Pengukuran kecepatan arus air disebut dengan Water Current Meter yang secara prinsip dibagi dalam tiga sistem, yaitu:
Pengukuran Kecepatan Arus |
- Sistem Pencacah Putaran, yaitu current meter yang mengkonversi kecepatan sudut dari propeller atau baling-baling kedalam kecepatan linear. Biasanya jenis ini memiliki kisaran pengukuran antara 0,03 – 10 m/s.
- Sistem Elektromagnetik, pada sistem ini air dianggap sebagai konduktor yang mengalir melalui medan magnetik. Perubahan pada tegangan diterjemahkan kedalam kecepatan.
- Sistem Akustik, pada sistem ini dipakai prinsip Dopler pada transduser, juga biasanya berperan sekaligus sebagai receiver, yang memancarkan pulsa-pulsa pendek pada frekuensi tertentu. Pulsa-pulsa dari yang diterima kembali oleh receiver dimana hal tersebut sanggup diukur sebagai kecepatan arus air.
Nah itulah postingan kali ini mengenai Arus Laut sobat, gimana nih pendapatnya, pribadi diisikan saja di kotak komentar. Terimakasih telah berkunjung blog sederhana perihal pengetahuan softilmu.blogspot.com. Jangan lupa bagi jempolnya ya :D.